-->

10 Top Manfaat buah naga untuk kesehatan anda


Manfaat buah naga untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Buah naga merupakan buah yang sangat mempesona dengan warna merah darah. Buah ini memiliki kulit yang tebal dengan sirip yang menyerupai naga sehingga membuatnya disebut sebagai buah naga. Buah naga memiliki beberapa jenis diantaranya adalah buah naga merah buah naga putih dan buah naga kuning.

Kandungan nutrisi didalam buah naga sebenarnya hampir sama dari ketiga jenis tersebut akan tetapi buah naga merah mungkin sedikit mendominasi karena kandungan antioksidan yang tinggi. Bagi anda yang penasaran mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Kaya akan kandungan serat 

Buah naga memang memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Pencernaan yang sehat akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi dan pembuangan racun serta limbah bisa berjalan optimal. Selain itu, mencukupi kebutuhan serat juga akan menghindarkan anda dari penyakit kanker usus besar.

2. Baik untuk kesehatan jantung 

Buah naga mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung serat di dalam buah naga berguna menurunkan kolesterol yang menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. Selain itu beberapa nutrisi yang ditemukan dalam buah naga berguna mengontrol tekanan darah yang dapat mencegah serangan jantung.

3. Mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang patut diperhitungkan adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah naga merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berfungsi menangkal efek merugikan radikal bebas yang dapat merusak sel di dalam tubuh kita. Kerusakan sel tersebut bisa mengarah pada penyakit kanker.

4. Meningkatkan nafsu makan

Jika anda memiliki anak yang susah makan tidak ada salahnya memberikannya buah naga sebagai suplemen alami. Selain memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak, buah naga juga menyediakan beberapa vitamin diantaranya adalah vitamin B1 dan 2 di mana kedua jenis vitamin tersebut dapat meningkatkan nafsu makan.

5. Meningkatkan energi tubuh secara alami

Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 yang bukan hanya baik untuk meningkatkan nafsu makan anak tetapi juga membantu mencukupi kebutuhan energi mereka. Bagi anda yang memiliki aktivitas padat seperti para olahragawan tidak ada salahnya menggunakan buah naga sebagai suplemen alami. Selain lebih aman buah naga juga bekerja dengan cukup baik. Dengan mengkonsumsi buah naga anda bisa menyingkirkan minuman berenergi yang mungkin memiliki efek kurang baik untuk kesehatan.

6. Meningkatkan kesehatan mata 

Buah naga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata anda. Mata merupakan organ yang sangat penting sekali sehingga menjaga kesehatannya merupakan hal yang perlu dilakukan. Selain membuat mata menjadi lebih tajam, vitamin A juga berguna melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Beberapa kerusakan tersebut dapat menyebabkan penyakit katarak dan degenerasi makula.

7. Sumber protein nabati

Biji buah naga menyediakan protein yang sangat baik sekali untuk pembentukan otot. Penelitian menunjukkan terlalu berlebihan mengkonsumsi protein dari daging dan ikan dapat berefek buruk bagi kesehatan. Untuk itu anda bisa memanfaatkan buah naga sebagai sumber protein nabati yang sehat dan pastinya aman.

8. Mencegah penuaan dini

Sebenarnya penuaan adalah proses yang wajar akan tetapi terkadang penuaan bisa datang lebih cepat dari yang seharusnya. Hal ini dikarenakan radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh kita sehingga mempercepat proses penuaan. Beberapa tanda-tanda penuaan seperti keriput, dan garis-garis halus di wajah bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah naga.

9. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam buah naga yang tinggi dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini sangat penting bagi anda yang ingin memulai diet sehat. Selain itu, buah naga juga sangat rendah kalori dan lemak sehingga tidak akan membuat anda menjadi gemuk.

10. Menjaga kesehatan kulit

Buah naga memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda. Vitamin C dapat mencerahkan kulit secara alami, menjaga elastisitasnya, dan membuatnya tampak halus secara alami. Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel termasuk sel kulit anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel